• Contact
  • Privacy Policy
  • About Us

Manajemen Perusahaan

Kumpulan Artikel Manajemen Perusahaan

  • DROPDOWN MENU
  • MSDM
  • Man. Strategi
  • Man. Pemasaran
  • Man. Operasional
  • Man. Keuangan
  • More
    • Man. Risiko
    • Man. Proyek
Home » Manajemen Strategi » Manajemen Strategi Bagian 2

Manajemen Strategi Bagian 2

Posted by Manajemen Perusahaan on Friday, December 2, 2016
Label: Manajemen Strategi




Lingkungan Internal : Sumber Daya dan Kapabilitas

Dengan Lingkungan Internal kita bisa Analisis Internal dengan menjawab pertanyaan di bawah ini :

  • Kekuatan : What arethe firm's Strenght?
  • Kelemahan : What arethe firm's Strenght?
  • Bandingkan : How do these strenghts and weaknesses compare to competitors?
Analisis Lingkungan Internal, menganalisis hal-hal berikut :
  • Analisis Fungsi Bisnis
  • Analisis Sumber Daya
  • Analisis Rantai Nilai

1. Analisis Fungsi Bisnis

Untuk mengamati dan menganalisis lingkungan internal organisasi dengan cara mengamati keahlian dan sumber daya perusahaan dapat diatur ke dalam profit kompetensi sesuai fungsi bisnis, seperti pemasaran, keuangan, operasi, SDM, penelitian &pengembangan, dll.

a. Pemasaran

Tugas utama manajer pemasaran adalah mempengaruhi tingkat, waktu dan karakter permintaan dalam suatu cara yang akan membantu perusahaan mencapai tujuan-tujuannya. Seperti :
  • Posisi dan segmentasi pasar
  • Bauran pemasaran
  • Daur hidup produk
b. Keuangan

Tugas manajer keuangan adalah mengelola dana, menentukan sumber (obtain fund), penggunaan dana alocation fund) yang terbaik,dan mengendalikan penggunaanya (dividen policy).

c. Operasi

Tugas manajer operasi adalah mengenbangkan dan mengoperasikan sebuah sistem yang akan menghasilkan jumlah produk dan jasa yang dibutuhkan dengan kualitas tertentu, pada harga yang sudah ditentukan, dan dalam waktu yang sudah dibagikan. Seperti desain produk, kualitas, lokasi, desain layout, pengadaan, penjadwalan, dan pemeliharaan.

d. SDM (Sumber Daya Manusia)

Tugas manajer SDM adalah meningkatkan kesesuaian antara individu dengan pekerjaan-pekerjaan yang ada, dan kualitas kesesuaian ini berpengaruh pada kinerja, kepuasan karyawan, dan perputaran tenaga kerja.

e. Sistem Informasi 

Merancang dan mengelola aliran informasi dalam organisasi dengan cara-cara yang dapat meningkatkan produktivitas dan pengambilan keputusan. Seperti :
  • ESS (Executive Support System) : Informasi untuk embuat rencana
  • MIS : Untuk manajer menengah
  • DSS (Decision Suport System) : Penggunaanya untuk staf manjer
  • TPS (Transaction Processing System) : Untuk Supervisor

f. Penelitian dan Pengembangan (R&D)

Manajer R&D bertanggung jawab mengususlkan dan melaksanakan strategi teknologi perusahaan dengan mempertimbangkan tujuan dan kebijakan perusahaan. Diantaranya :
  • Memilih salah satu di antara berbagai alternatif teknologi baru yang akan dipakai perusahaan
  • Mengembangkan penerapan teknologi baru ke dalam produk dan proses produksi
  • Menyebarluaskan sumberdaya-sumberdaya yang ada seingga teknologi baru itu dapat dilaksanakan dengan sukses

Budaya 

Budaya perusahaan adalah sekumpulan keyakinan, harapan, dan nilai yang dipelajari dan dibagikan oleh anggota-anggota organisasi dan disampaikan dai satu generasi ke generasi berikutnya.

Sumber Daya

Alternatif lain untuk menganalisa kekuatan dan kelemahan perusahaan adalah dengan melihat sumber daya atau dikenal dengan istilah RBV (Resource Based View). Pandangan ini mengatakan daya saing perusahaan ditentukan oleh ketersediaan sumber daya strategis yang bersifat VRIN :
  • V = Valueable, yaitu bernilai
  • R = Rare, yaitu langka atau unik
  • I = Inimitable, yaitu tidak dapat atau sulit ditiru
  • N = Non-subtituable, yaitu tidak dapat digantikan

Sumber daya dapat dibagi menjadi :
  • Sumber daya yang terlihat. Contohnya : Keuangan (Piutang, Cash Account), Fisik (Fasilitas, Strategis, Canggih), Teknologi (Merek), Organisasi (Pengendalian, Evaluasi)
  • Sumber daya tak terlihat. Contohnya : SDM (Pengalaman, Inovasi), Reputasi (Handal)
  • Kapabilitas organisasi. Contohnya : Layanan, proses pengembangan produk, proses SDM




0 Response to "Manajemen Strategi Bagian 2"

← Newer Post Older Post → Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

All Blogger Tricks

POPULAR POSTS

  • Metode Pendekatan dan Fungsi MSDM
    Dalam mempelajari MSDM ada tiga pendekatan yang dapat dilakukan, yaitu : 1. pendekatan mekanis, 2. pendekatan paternalis, dan 3. pend...
  • MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia)
    Tahukah kamu bahwa SDM adalah sumber daya yang dominan dibandingkan dengan sumber daya lainnya? Berikut ini penjelasannya. A. Penti...
  • Manajemen Strategi Bagian 1 : Belajar Manajemen Strategi Gratis
    Pendahuluan Strategi awalnya digunakan untuk istilah para jenderal perang dalam membuat rencana untuk memenangkan perang. Strategi ada...
  • Manjemen Strategi Bagian 3
    Kompetensi dan Analisis Rantai Nilai A. Kompetensi  Jenis-jenis kompetensi, yaitu : 1. Kompetensi : Kegiatan yang berusaha dilakuka...
  • Manajemen Strategi Bagian 2
    Lingkungan Internal : Sumber Daya dan Kapabilitas Dengan Lingkungan Internal kita bisa Analisis Internal dengan menjawab pertanyaan di...

Most Comennted

Blog Archive

  • ▼  2016 (5)
    • ▼  December (5)
      • Metode Pendekatan dan Fungsi MSDM
      • MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia)
      • Manjemen Strategi Bagian 3
      • Manajemen Strategi Bagian 2
      • Manajemen Strategi Bagian 1 : Belajar Manajemen St...

About Us!

Risalah Islam

Kategori

  • Manajemen Strategi
  • MSDM
Copyright 2015 Manajemen Perusahaan. All Rights Reserved. Template by SL Blogger and CB Blogger. Original Theme by Mas Sugeng. Powered by Blogger