Posted by Manajemen Perusahaan on Friday, December 2, 2016

Pendahuluan
Strategi awalnya digunakan untuk istilah para jenderal perang dalam membuat rencana untuk memenangkan perang. Strategi adalah suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi. Strategi terdiri dari : Strategi Korporasi, Strategi Bisnis, dan Strategi Fungsional. Manajemen pada dasarnya adalah upaya mengelola organisasi untuk mencapai tujuan dengan melakukan fungsi menajem yang disebut POAC (Planing, Organizing, Actuating, Controling) secara efektif dan eisien.
Pengertian
- Manajemen Strategi adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam jangka panjang dalam suatu perusahaan.
- Manajemen Strategi merupakan aktifitas manajerial tertiinggi yang biasanya dilakukan oleh pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, baik organisasi swasta maupun publik.
- Proses manajemen Strategi ilmu dan seni meliputi analisis, perumusan strategi, implementasi dan control (APIC), berupa keputusan-keputusan strategis yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuan di masa datang.
Starategis adalah suatu tindakan yang menjawab 4 pertanyaan besar, yaitu :
- Dimana posisi kita saat ini? Postur Strategik dan analisis Lingkungan
- Apa yang diinginkan? Perencanaan Strategi dan Penentuan Strategi Alternatif
- Bagaimana mencapainya? Implementasi strategi
- Bagaimana meyakinkan semua berjalan baik? Pengukuran kinerja seperti Balance Score Card
Karakteristik Manajemen Strategi
- Berorientasi masa depan
- Berhubungan dengan unit bisnis yang kompleks
- Kebutuhan dan kejelasan tugas sangat tinggi seiring perubahan yang terjadi
- Batas-batas tugas tidak jelas
- Proses yang dijalankan tidak terpisah dari aktivitas manajerial lainnya
- Ada target waktu yang jelas
- Memerlukan perhatian manajemen puncak
Istilah-istilah
- Visi : Suatu pandangan jangka panjang tentang akan menjadi apa suatu organisasi tersebut
- Misi : Tujuan atau alasan dari keberadaan suatu organisasi
- Tujuan : Hasil akhir dari suatu rencana kegiatan yang akan dicapai. Biasanya bersifat umum
- Sasaran : Hasil akhir dari suatu rencana kegiatan yang akan dicapai. Biasanya terukur
- Kebijakan : Sebuah petunjuk luas untuk pembuatan keputusan yang berkaitan dengan formulasi dan strategi
- Tata Kelola Perusahaan : Hubungan diantara dewan direksi, manajemen puncak, dan pemegang saham dalam menjelaskan arahan dan kinerja dari suatu perusahaan
- Tanggung Jawab Perusahaan (CSR) : Suatu Kewajiban perusahaan untuk melayani masyarakat secara umum
Visi dan Misi
- Visi Starategis menjawab pertanyaan apa yang akan kami lakukan dan kami raih (Gambaran tentang apa yang diinginkan dalam 5-10 tahun ke depan)
- Misi bisnis menjawab pertanyaan "Who we are?", What we do?", dan "Where we are headed?". Jawabannya akan menjadikan identitas organisasi yang kuat
- Contoh Visi Telkom : Menjadi penyedia jasa telekomunikasi berkelas dunia