• Contact
  • Privacy Policy
  • About Us

Manajemen Perusahaan

Kumpulan Artikel Manajemen Perusahaan

  • DROPDOWN MENU
  • MSDM
  • Man. Strategi
  • Man. Pemasaran
  • Man. Operasional
  • Man. Keuangan
  • More
    • Man. Risiko
    • Man. Proyek
Home » Manajemen Strategi » Manjemen Strategi Bagian 3

Manjemen Strategi Bagian 3

Posted by Manajemen Perusahaan on Saturday, December 3, 2016
Label: Manajemen Strategi


Kompetensi dan Analisis Rantai Nilai

A. Kompetensi 

Jenis-jenis kompetensi, yaitu :


1. Kompetensi : Kegiatan yang berusaha dilakukan dengan baik oleh perusahaan.
2. Kompetensi Inti : Kegiatan kompetitif yang penting bagi perusahaan, serta dilakukan dengan lebih baik dari kegiatan internal lainnya.
3. Kompetensi Khas : Kegiatan kompetitif yang penting bagi perusahaan, serta dilakukan dengan lebih baik dari para pesaingnya dan merupakan kekuatan sumber daya yang unggul.

Kompetensi Khas bagi strategi adalah sebagai:
  • Kemampuan kompetitif yang berharga bagi perusahan
  • Nilai : Tujuan dari strategi, dan
  • Keuanggulan kompetitif yang dapat dihasilkan di pasar
Kompetensi Inti :
  • Kapabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan untuk mengintegrasikan sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan yang diinginkan
  • Kompetensi inti adalah sesuatu yan dilakukan perusahaan dan bernilai secara strategik
  • Kompetensi inti memiliki potensi menjadi kekakuan inti
  • Kekakuan inti adalah bentuk lampau kompetensi inti yang menebarkan benih kelambanan, inersia organisasi, strategic myopia, dan menghalangi perusahaan merespon perubahan lingkungan eksternal secara layak
  • Kondisi yang mempengaruhi keputusan manajerial tentang sumber daya, kapabilitas, dan kompetensi inti yaitu ketidakpastian, kompleksitas, dan konflik intra organisasi
B. Analisis Rantai Nilai
Terdiri dari :
  • Aktivitas Utama
  • aktivitas Pendukung
Beberapa faktor untuk mengukur Aktivitas Utama organisasi :

1. Inbound Logistics
  • Lokasi fasilitas distribusi untuk meminimalkan waktu perkapalan
  • Material yang baik dan sistem kontrol inventaris
  • Sistem yang dapat mengurangi waktu pengembalian kepada pemasok
  • Tata letak dan desain pergudangan untuk meningkatkan efisiensi operasi bagi material yang datang
2. Operations
  • Pabrik operasi yang efisien untuk meminimalkan biaya
  • Otomatisasi manufaktur pada tingkat level yang tepat
  • Sistem kontrol kualitas produksi untuk mengurangi biaya 
  • Tata letak pabrik yang efisien dan desain yang baik, serta menyesuaikan dengan aliran kerja
3. Outbound Logistics
  • Proses pengapalan yang efektif agar bisa memberikan pelayanan antar dan meminimalkan kerusakan
  • Proses pergudangan untuk produk jadi yang efisien
  • Proses pengapalan produk pada jumlah besar untuk meminimalkan biaya transportasi
  • Perlengkapan penanganan material yang berkualitas untuk meningkatkan penyelesaian order
4. Marketing dan Sales
  • Armada penjualan yang mempunyai motivasi dan kompetensi yang tinggi
  • Pendekatan yang inovatif untuk periklanan dan promosi produk
  • Penyelesaian saluran distribusi yang paling tepat
  • Identifikasi yang tepat terhadap kebutuhan dan segmen konsumen
  • Strategi harga yang efektif
5. Service
  • Penggunaan prosedur yang efektif untuk mendapatkan umpan balik
  • Merespon secara cepat kebutuhan konsumen
  • Kemampuan menyediakan bahan pengganti
  • Manajemen yang efektif untuk bahan dan inventaris peralatan
  • Kualitas karyawan dalam memberikan pelayanan dan pelatihan
  • Kebijakan jaminan dan garansi yang sesuai
Beberapa faktor untuk mengukur Aktivitas Pendukung organisasi :
  • Pengadaan : Behubungan dengan fungsi pembelian input yang digunakan
  • Pengembangan teknologi : Berhubungan dengan produk dan fitur pendukung keseluruhan prosses rantai nilai
  • Manajemen SDM : Segala aktivitas yang berhubungan dengan proses perekrutan, pelatihan, dan kompensasi
  • Infrastruktur perusahaan : Berhubungan dengan manajemen umum, perencanaan, keuangan, akuntansi, hukum (yang berhubungan dengan pemerintah), dan sisitem informasi

0 Response to "Manjemen Strategi Bagian 3"

← Newer Post Older Post → Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

All Blogger Tricks

POPULAR POSTS

  • Metode Pendekatan dan Fungsi MSDM
    Dalam mempelajari MSDM ada tiga pendekatan yang dapat dilakukan, yaitu : 1. pendekatan mekanis, 2. pendekatan paternalis, dan 3. pend...
  • MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia)
    Tahukah kamu bahwa SDM adalah sumber daya yang dominan dibandingkan dengan sumber daya lainnya? Berikut ini penjelasannya. A. Penti...
  • Manajemen Strategi Bagian 1 : Belajar Manajemen Strategi Gratis
    Pendahuluan Strategi awalnya digunakan untuk istilah para jenderal perang dalam membuat rencana untuk memenangkan perang. Strategi ada...
  • Manjemen Strategi Bagian 3
    Kompetensi dan Analisis Rantai Nilai A. Kompetensi  Jenis-jenis kompetensi, yaitu : 1. Kompetensi : Kegiatan yang berusaha dilakuka...
  • Manajemen Strategi Bagian 2
    Lingkungan Internal : Sumber Daya dan Kapabilitas Dengan Lingkungan Internal kita bisa Analisis Internal dengan menjawab pertanyaan di...

Most Comennted

Blog Archive

  • ▼  2016 (5)
    • ▼  December (5)
      • Metode Pendekatan dan Fungsi MSDM
      • MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia)
      • Manjemen Strategi Bagian 3
      • Manajemen Strategi Bagian 2
      • Manajemen Strategi Bagian 1 : Belajar Manajemen St...

About Us!

Risalah Islam

Kategori

  • Manajemen Strategi
  • MSDM
Copyright 2015 Manajemen Perusahaan. All Rights Reserved. Template by SL Blogger and CB Blogger. Original Theme by Mas Sugeng. Powered by Blogger